Senin, 01 Agustus 2011

Proses pencernaan dan penyerapan zat makanan dalam usus: THE FACTS

Benarkah proses pencernaan terjadi di dalam usus ikan? Berikut ini adalah bukti-bukti yang menunjukkan dalam segmen usus terjadi proses pencernaan dan penyerapan zat makanan.
1. Panjang usus ikan yang berbeda berhubungan erat dengan jenis makanan. Usus yang sangat panjang pada ikan herbivora merupakan kompensasi terhadap kondisi makanan yang kadar seratnya tinggi dan keadaan villinya yarig relatif rendah. Makanan ikan herbivora mangandung banyak serat sehingga rnemeriukan pencernaan yang lebih lama. Pencernaan yang larna membutuhkan tempat pencernaan (saluran pencernaan) yang panjang. Sementara ikan karnivora memiliki usus yang pendek. Dengan demikian panjang usus merupakan suatu bukti bahwa dalam usus terjadi proses pencernaan makanan, jika tidak terjadi proses pencernaan makanan maka panjang usus ikan herbovora maupun karnivora seharusnya sama.
2. Usus memiliki lapisan-lapisan yang sama yakni lapisan sereus otot memanjang, otot melingkar, sub mukosa dan mukosa, seperti halnya pada segmen esofagus dan lambung.
3. Pada permukaan enterosit terdapat mikrovilli yang berfungsi untuk memperluas area permukaan sel untuk menyerap zat makanan. Di dalam enterosit terdapat mukosit. Jumlah mukosit akan semakin meningkat kearah bagian belakang usus. Adanya microvilli pada enterosit memperlihatkan perannya dalam proses penyerapan zat makanan.
4. Vakuola-vakuola di sekitar atau di bawah mikrovilli dan tepatnya diatas inti sel. Keberadaan vacuola supra nuclear ini dapat dijadikan tolok ukur kemampuan mencerna makanan terutama pada larva ikan.
5. Usus memiliki mukosit atau sel penghasil lendir yang bentuknya seperti piala dan pada permukaannya terdapat mikrovilli. Di bagian bawah mikrovilli terdapat butiran atau granula yang disebut mucigen sebagai hasil sintesa di dalam sel. Selain menghasilkan mukus, mukosit diduga menghasilkan enzim pencernaan.
6. Pada usus terdapat lapisan sub mukosa terdapat fibroblast dan sel otot licin melingkar dengan inti sel yang memanjang. Sel-sel tersebut dipisahkan oleh serabut kolagen. Pada lapisan sub mukosa ini terdapat banyak sekali kapiler-kapiler darah yang berperan sebagai pengumpul zat makanan yang telah diserap.
7. Adanya saluran empedu (ductus choledochus) dan saluran pankreas (ductus pankreaticus) yang bermuara di bagian usus depan menunjukkan bahwa di segmen usus masih terjadi proses pencernaan makanan.