Minggu, 13 Maret 2011

Larva Ikan dan pakannya

Pada kegiatan pembenihan ikan dimulai dari proses pemijahan ikan air tawar yang akan dihasilkan telur, larva dan benih ikan. Fase larva sangat menentukan keberhasilan suatu usaha pembenihan. Pada fase ini larva ikan mulai mengkonsumsi pakan yang diberikan pada media pemeliharaan karena kantong kuning telur yang terdapat pada tubuhlarva ikan air tawar ini hanya dapat memasok energi bagi larva sekitar 2-3 hari, Selanjutnya agar dapat bertahan hidup pada media pemeliharaan larva ikan air tawar ini harus sudah mulai belajar makan makanan yang berasal dari luar tubuhnya.

Larva adalah anak ikan yang baru menetas dari telur berukuran sangat kecil dan membawa cadangan makanan pada tubuhnya berupa kuning telur dan butiran minyak. Pada fase larva organ –organ tubuhnya belum sempurna karena masih dalam proses perkembangan. Pada fase ini jika larva tidak menemukan makanan dari luar pada saat cadangan makanan didalam tubuhnya habis maka larva tersebutakan mati. Oleh karena itu pada fase ini harus dapat diberikan pakan yang tepat jenisnya, tepat ukurannya sesuai dengan bukaan mulut larva dan mempunyai kandungan gizi yang tinggi karena pada fase larva masih dalam proses perkembangan seluruh organ-organ tubuh larva.

Pada fase larva pakan yang dikonsumsi oleh larva digunakan untuk proses morfogenesis, organogenesis dan metamorfosis. Oleh karena itu pakan yang diberikan pada larva harus benar-benar sesuai dengan ukuran bukaan mulut larva, mempunyai kandungan gizi yang tinggi. Pada fase larva belum banyak terjadi pertumbuhan karena seluruh energi yang diperoleh digunakan untuk ketiga proses tersebut.

Organ pencernaan pada fase larvabelum sempurna dimana saluran pencernaan dan mulut belum terbuka secara sempurna.

Dalam menentukan jenis pakan yang tepat harus diperhatikan tentang :
1. Perkembangan bukaan mulut larva agar dapatmenetapkan pakan yang tepat, pada umur berapa, jenis pakan dan ukuran pakan.Bukaan mulut larva ini berkaitan dengan kemampuan larva untuk memangsa pakanyang berasal dari luar. Ukuran pakan yang dapat dimangsa aoleh larva biasanyaadalah berkisar antara 30 – 50% dari bukaan mulut larva, misalnya ukuran bukaanmulut larva adalah 1 cm, maka pakan yang dapat dimangsa oleh larva ikanmaksimal berukuran 3 - 5 mm.
2. Kemampuan mencerna larva sangatdipengaruhi oleh enzim pencerna, produksi enzim dalam tubuh larva tubuh larvayang ditentukan oleh kelenjar enzim belum sempurna, oleh karena itu larva belum mampu mencerna pakan yangmasuk kedalam tubuhya. Berdasarkan hasil penelitian larva ikan lele, lambungnyabaru terbentuk pada usia 12 hari oleh karena itu pada usia larva belum adaenzim yang dapat mencerna makanan didalam tubuhnya dan pada fase tersebut pakanyang tepat diberikan adalah pakan alami yang didalam tubuh pakan alami terdapatenzim yang dapat mencerna makanan.
3. Pada fase larva mata belumberkembang secara sempurna sehingga untuk mendeteksi keberadaan pakan didalammedia pemeliharaan sangat terbatas. Oleh karena itu pada fase larva sebaiknyadipelihara pada wadah yang ukurannya terbatas dan kepadatan pakan alami didalammedia pemeliharaan cukup tinggi, agar larva dapat mengkonsumsi pakan.


Maka jenis pakan yang tepat diberikan kepda larva ikan air tawar adalah pakan alami karena pakan alami :
1. Mempunyai bentuk dan ukuranyang kecil sesuai dengan bukaan mulut larva.
2. Kandungan gizinya lengkap dancukup tinggi sangat dibutuhkan untuk proses perkembangan tubuh larva.
3. Isi selnya padat dan mempunyai dinding sel yang tipis sehingga mudah diserap, karena pada fase larva belum ada enzim yang akan mencerna pakan sehingga pakan alami mudah dicerna dalam saluran pencernaan larva dan didalam tubuh pakan alami terdapat enzim yang dapat melakukan autolisis sendiri sehingga dapat mudah dicerna oleh larva.
4. Tidak menyebabkan penurunankualitas air, karena pakan alami selama berada dalam media pemeliharaan larvatidak mengeluarkan senyawa beracun.
5. Pergerakan pakan alami relatif tidak terlalu aktif sehingga sangat mudah untuk ditangkap oleh larva.
6. Meningkatkan daya tahan larva terhadap penyakit dan perubahan kualitas air
7. Ketersediaan pakan alami relatif mudah dilakukan pembudidayaan karena cepat perkembang biakannya dan mudah dibudidayakan.

Karena itu jenis pakan yang tepat diberikan kepada larva ikan air tawar adalah pakan alami dari kelompok zooplankton. Jenis-jenis pakan alami yang biasa diberikan kepada larva ikan air tawar antara lain adalah Artemia salina, Daphnia, moinadan rotifer. Ukuran nauplii Artemia salina kurang lebih adalah 500 μm, Daphnia berukuran 2 kalilipat dari Moina, ukuran Moina dewasa adalah 700 – 1000 μm, sedangkan Moina mudaberukuran kurang dari 400 μm, ukuran rotifer air tawar adalah 130 – 340 μm.


refence : http://singkil.webs.com