Jumat, 02 April 2010

Faktor - faktor yang mempengaruhi pertukaran gas pernapasan

Faktor mempengaruhi pertukaran gas pernapasan:

1. Suhu. Pada suhu meningkat ikan kebutuhan oksigen lebih karena untuk menilai metabolik meningkat. Ikan bereaksi untuk temperature dengan meningkatkan volume pernafasan, meningkat output dari jantung (volume dan laju detak jantung) dan mengurangi resistensi dalam sistem vaskular. Ini meningkatkan aliran darah dalam insang. Faktor pembatas menjadi laju respirasi, aliran darah ke insang, dan tingkat difusi oksigen atas insang.
2. Oksigen defisiensi. sebuah konten oksigen rendah dalam air menyebabkan laju respirasi lebih besar, detak jantung lebih lambat tapi volume lebih besar mengalahkan setiap, sehinhga kaluaran jantung tidak banyak terpengaruh. Aliran air melalui mengikat insang. Ikan menggunakn jumlah besar oksigen dari darah korup, meningkat jumlah asam laktat dalam otot. Jadi oksigen lebih mudah dirilis dari hemoglobin, tapi ini reaksi berantai dapat melanjutkan sampai tersedak ikan di berkepanjangan defisiensi oksigen.
3. Meningkatkan aktivitas ikan (berenang misalnya). Output jantung dan volume pernapasan merupakan meningkat, sehingga meningkatkan laju oksigen difusi total. Pada perubahan aliran, mungkin ada perubahan keseimbangan ion (dalam garam air tawar yang dilepaskan dan air diserap). Ikan mungkin counter efek ini oleh perubahan fungsi ginjal (ginjal). Para osmosis melalui insang dan ginjal kebanyakan dikendalikan oleh hormone/sistem hormonal.